Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai di Kecamatan Taraju

Taraju, 21 November 2018 Bertempat di gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kecamatan Taraju, dilaksanakan kegiatan penyaluran kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebagai ganti dari bantuan yang dulu berupa uang tunai. Penyaluran BPNT ini diadakan selama 1 hari dengan dua meja pelayanan. Di meja 1 melayani empat Desa yaitu Desa Purwarahayu, Deudeul, Kertaraharja dan Cikubang. Sedangkan di meja 2 melayani 5 Desa yakni Desa Taraju, Pageralam, Banyuasih, Raksasari dan Desa Singasari.
Sebelumnya apa itu BPNT?
BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai ) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) setiap bulannya melalui Mekanisme akun Elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH (Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan) /pedagang bahan pangan yang bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (BTN, BNI, BRI dan Bank Mandiri).
Untuk bisa berbelanja di e-Warong KPM harus terlebih dahulu memperoleh Kartu Keluarga Sejahtera sebagai bukti penerima bantuan non tunai dan untuk pembayaran KPM tidak perlu menyodorkan uang utuk membayar karena e-Warong akan mencatat pembelanjaan itu secara elektronik. Pembayaran akan terjadi ketika e Warong sudah memberikan bukti transaksi atas dari pembelanjaan KPM.
Sistem e-Warong ini dilakukan agar BPNT bukan sekedar memberikan bantuan saja, melainkan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah terutama di bidang perdagangan. Dengan cara ini maka bahan bantuan yang diterima KPM akan berasal dari daerah asalnya sendiri seperti beras, telur dan sebagainya.
Semoga program bantuan pangan  yang  berikan ini dapat mendukung peningkatan kesejahteraan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Pengisian daftar hadir

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan